Langkah Penyusunan Pidato Persuasif
Dalam penyusunan teks pidato persuasif terdapat aturan-aturan lain karena dalam menulis dibutuhkan persiapan yang matang dan penguasaan materi yang baik. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa dipakai panduan dalam merumuskan teks pidato persuasif.

1.Tentukan Topik
Ketahui dan pelajari topik yang akan disampaikan. Lakukan kajian sebanyak mungkin hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Luangkan waktu untuk membaca buku mengenai topik yang akan disampaikan. Catat berbagai data dan sumber penting yang dapat digunakan untuk memperkuat argumen.

2.Tentukan Tujuan
Pastikan tujuan yang ingin dicapai dapat dipahami dan sesuai dengan urgensi topik. Dalam penulisan teks pidato persuasif, biasanya pidato yang akan disampaikan terkandung tiga hal yakni menginformasikan, memersuasif/memengaruhi, dan menghibur. Ketiga hal tersebut yang mesti dipadukan agar tujuan pidato yang dibuat bisa tersampaikan dengan baik dan tidak membosankan bagi audien.

3.Pahami Audiensi
Pelajari siapa audiensi yang akan mendengarkan pidato, setiap audiensi memiliki kebutuhan tersendiri. Dalam hal ini, target pidato sangat penting untuk diketahui. Sebagai contoh, ketika kita akan berpidato dengan masyarakat dengan kalangan pekerja dan petani, maka pemilihan bahasa yang digunakan juga harus menyesuaikan. Langkah yang bisa diambil misalnya dengan menggunalan bahasa yang tidak berbelit dan mengurangi penggunaan istilah teknis yang menyulitkan untuk diartikan oleh audien. 

4.Tentukan Pokok Argumentasi
Setelah memahami karakter dan kalangan audien yang akan mendengarkan atau menyimak pidato, baru dilakukan penulisan pokok-pokok argumentasi yang akan disampaikan. Pokok-pokok argumentasi ini sama halnya dengan kerangka pidato yang berisi gagasan-gagasan pokok yang akan dikembangkan menjadi pidato. Pemilihan argumentasi dalam pidato bersifat logis, jelas dan juga dapat dipertanggungjawabkan. 

5.Kembangkan Naskah Pidato
Pada tahap ini, pokok argumentasi tersebut dikembangkan dengan kalimat-kalimat penjelas. Dengan demikian teks pidato persuasif terbentuk sesuai dengan harapan penulis. 

Related Posts